Service TV Goldstar dengan STR S6707 tegangan regulator hilang.

TV Golstar mati total

TV merk Goldstar ini memang TV model lama tapi bagi pemiliknya perangkat elektronik ini merupakan kebanggaan karena memiliki nilai sejarah yang kita tidak pernah tahu, oleh sebab itulah sebagai tukang service TV kita tidak boleh merendahkan nilai barang seseorang walaupun menurut kita atau menurut penglihatan dan penilaian kita bahwa barang itu murah dan tak bernilai tapi bagi pemilik itu berbeda. Jika dihitung hitung bahkan perkiraan biaya perbaikan dengan harga TV itu sendiri tidak beda banyak jumlahnya tapi jika dikembalikan pada nilai sejarah kepemilikan TV tersebut, menurut si pemilik itu jauh lebih berharga. Kalau dipikir-pikir mungkin inilah yang menyebabkan barang antik itu mahal. Karna punya nilai histori atau sejarah.

Tanda-tanda yang terlihat dari TV Goldstar ini adalah:

1. Mati total.
2. Lampu indikator tidak menyala.

Mati total, jelas saja TV ini mati total karena power suplai atau regulatornya tidak bekerja, walaupun belum dibuka penutup belakang TV tapi sudah terlihat dari tanda lampu indikator yang mati, jika regulator bekerja pastinya lampu indikator akan menyala. Untuk mengetahui lebih jauh kerusakan regulator maka TV terlebih dahulu harus dibuka dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dibuka maka lanjutkan pengukuran pada titik ini:

1. Kaki plus elco 400 volt, tegangan terukur normal.
2. Kaki kolektor STR, terukur normal, sama dengan tegangan di kaki plus elco.
3. Kaki optocopler, terukur sekitar 5 volt.

Semua tegangan terukur baik tapi mengapa STR tidak bekerja, ini ditandai dengan tidak adanya tegangan B+ yang keluar dari regulator. Dugaan akan rusaknya STR sampai saat ini belum ada tapi dugaan komponen lain yang rusak juga belum ada, akhirnya pemeriksaan fisik pun dilakukan dengan mencabut tiga buah elco yang berada di sekitar STR, dua buah elco kecil bernilai 22 uf dan 10 uf masih terukur baik dan bentuk fisiknya pun masih baik, satu buah elco yang lebih besar nampak mencurigakan, salah satu kakinya berkarat dan karetnya sudah mengeras, ini tanda-tanda kerusakan sebuah elco.

Pasang kembali dua buah elco yang masih bagus dan ganti elco yang agak besar bernilai 220 uf/50 volt dengan yang baru, periksa ulang dan coba nyalakan TV dan....

Duar!....        Hadeh.... Kaget, Sial banget dah... Anak tetangga pasang petasan diluar. Kaget... Kaget......

Setelah agak tenang hidupkan lagi TV dan Alhamdulillah tegangan B+ pun keluar 110 volt, matikan lagi TV untuk menyambung B+ ke flyback yang sebelumnya diputus untuk menghindari atau jaga-jaga kalau terjadi kenaikan tegangan B+ yang tidak terduga. Takut jika tegangan B+ yang tiba-tiba naik akan merusak layar karena kerja horisontal yang berlebihan. Setelah jumper disambung kembali lalu hidupkan lagi TV dan Alhamdulillah ternyata TV hidup normal.

Ternyata STR tidak bekerja disebabkan oleh keringnya sebuah elco filter yang mensuplai tegangan kerja optocopler dan driver STR, tegangan ini diambil langsung dari 220 volt yang disearahkan oleh sebuah dioda dan diturunkan oleh 2 buah resistor  baru kemudian masuk ke elco dan mensuplai driver STR dan optocopler yang awalnya terukur normal, tapi setelah elco tersebut diganti barulah STR bekerja, regulator berfungsi dan mengeluarkan tegangan 110 volt untuk mensuplai kerja rangkaian horisontal dan menghidupkan rangkaian elektronik TV.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Service TV Gambar Bergaris-garis

Speaker aktif ganti Tip41/42 jebol terus.

Cara Mematikan Televisi Yang Benar.